Sabtu, 11 Juli 2009

Latihan Timnas

Boaz Gabung, Timnas Latihan Penuh

JAKARTA - Tim nasional (timnas) proyeksi Pra-Piala Asia akhirnya bisa berlatih dengan kekuatan penuh. Hal itu seiring bergabungnya penyerang Persipura Jayapura Boaz Solossa pada sesi latihan di Sawangan, Depok, Jawa Barat, kemarin (9/7).

Dengan bergabungnya Boaz, total 21 pemain sudah berkumpul. Di antara daftar pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional (BTN), tinggal dua yang belum nongol. Yakni, Hariano (Persib Bandung) dan Ian Kabes (Persipura). Hariono memang sudah memastikan diri tak bisa bergabung karena cedera engkel. Sedangkan Kabes belum menyatakan alasan keterlambatannya. 

''Ian Kabes, belum ada kabar sampai sekarang (kemarin, Red). Saya sudah menghubungi melalui Ricardo (Salampessy), tapi dia juga kehilangan kontak dengan Kabes,'' ujar pelatih timnas Benny Dolo.

Meski begitu, Benny tak risau. Tanpa Kabes, timnas sudah memiliki empat pemain yang memiliki posisi serupa. ''Di sini sudah ada Budi (Sudarsono), Musafri, Boaz, dan M. Ridwan,'' kata Bendol, sapaan akrab Benny Dolo. ''Kalau tak segera bergabung, Kabes akan terlambat mengikuti ritme permainan tim,'' sambungnya. 

Lagi pula, timnas sudah harus menggeber latihan karena waktu menuju Pra-Piala Asia 2011 semakin dekat, yakni pada November mendatang. Pada 14 November, skuad Merah Putih bertandang ke Kuwait. Nah, empat hari kemudian (18/11), giliran Indonesia menjamu Kuwait. 

Meski begitu, Bendol tetap membuka pintu kepada Kabes jika masih ingin bergabung. ''Jika nanti dia tak juga datang, saya kembalikan ke BTN saja keputusannya,'' kata dia. 

Latihan timnas dimulai pada 4 Juli lalu. Namun, hanya tiga pemain yang datang tepat waktu. Untuk mengejar 100 persen penampilan para pemain, Bendol mengawali latihan dengan memberikan porsi latihan berat. Pasalnya, kondisi rata-rata para pemain baru 70 persen. Salah satu parameter yang digunakan adalah VO2max yang baru mencapai 55. 

''Untuk pekan ini, saya fokuskan pada peningkatan daya tahan pemain, kecepatan, dan stamina mereka,'' jelas Bendol. Jika kondisi pemain bisa terus meningkat sesuai dengan harapan, Bendol optimistis bahwa persoalan penyelesaian akhir yang menjadi kendala selama ini bisa diatasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar